Selasa, 18 September 2007

Ngeblog Cuma Buang Waktu?

Kamu punya blog ? apa tujuan kamu ngeblog ? sudah berapa lama kamu ngeblog ? sering membuat tulisan di blog ? berapa biaya yang sudah kamu keluarkan untuk ngeblog ? apa yang kamu dapat dari blog ? Pertanyaan-pertanyaan seperti ini yang harus bisa kita jawab. Jika membuat blog hanya untuk iseng-iseng sambil mengisi waktu, maka kita tidak perlu dipusingkan dengan pertanyaan-pertanyaan diatas.

Tapi bukankah akan lebih baik jika kita punya tujuan yang jelas, selain lebih terarah, kita juga jadi bisa mengukur, sudah sejauh mana langkah yang telah diambil, dan langkah apa lagi yang harus diambil. Kemana harus mencari, dan siapa yang harus diikuti. Tidak punya tujuan yang jelas akan membuat kita bingung, dan tidak tahu apa yang harus dilakukan dan ditulis.

Dan sebelum kita terlalu bingung dan membuat orang lain juga bingung, ada baiknya jika kita coba berpikir sejenak. Pikirkan apa tujuan sesungguhnya dari membuat blog, pikirkan juga apakah kita punya kemampuan untuk mencapainya. Apa yang kita butuhkan untuk mencapainya, apakah kita punya sumberdaya yang dibutuhkan untuk mencapainya, dan bagaimana cara melakukannya.

Nah .. sebelum kita membuang waktu, tenaga dan biaya untuk membuat blog, tanyakan ini pada diri sendiri sebelum menulis sesuatu di blog. Reaksi apa yang kuharapkan dari tulisan ini ? Apa yang aku ingin pembaca lakukan setelah membaca tulisan ini ? contohnya kamu bisa ....

Membuat review suatu produk - tulis mengenai detail produk tersebut, kegunaannya, cara menggunakannya, kelebihan serta kekurangannya. Arahkan pembaca untuk membuat keputusan membeli produk tersebut dan mengklik link yang kita buat dengan menyertakan kode dari program affiliasi yang kita ikuti. Hasilnya: transaksi jual beli dan komisi.

Membuat tutorial - hasilnya: membangun kredibilitas. Jika kita melakukan ini, kita harus berusaha membuat tutorial yang mudah dimengerti. Yang harus kita ingat adalah bahwa kemampuan orang tidak sama, dan latar belakang pendidikan yang berbeda. Kita juga harus bisa mengarahkan mereka untuk mengerti cara berlangganan tulisan kita melalui emai, RSS Feed, atau cara bergabung dengan komunitas yang kita buat.

Cepat atau lambat, saat kita berhasil membuat orang terkesan. Saat itulah mereka kita arahkan untuk menjadi bagian dari network atau komunitas yang sudah kita persiapkan. Jika tidak !! lalu apa gunanya ? Sangat mungkin jika dengan cepat mereka akan melupakan kita, dan mencari hal lain yang membuat mereka tertarik. Banyak keuntungan yang bisa didapat dari sebuah komunitas atau network yang kita buat, karena itu sangat penting bagi kita untuk mengetahui bagaimana cara membangun sebuah komunitas dan mengembangkannya.

Mengemukakan pendapat atau pemikiran - yang dimaksud disini adalah pendapat yang benar-benar hasil pemikiran sendiri, bukan hasil dari pemikiran orang lain. Atua sekedar menuliskan pendapat orang lain, hasilnya: sama kredibilitas.

Membangun link bait - tujuan kita adalah mendapatkan link sebanyak-banyaknya dari blog lain, hasilnya: pagerank yang tinggi di search engine.

Jika kita bisa menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain dari blog yang kita buat, mengapa tidak kita lakukan. Dengan tujuan yang jelas maka semuanya akan menjadi lebih jelas. So...tentukan tujuan mu !!



http://belajar-yok.blogspot.com

4 komentar:

Jemerson Sinaga mengatakan...

Mau download lagu, film terbaru saat ini. Nonton langsung juga bisa. Langsung Anda masuk aja ke Link ini.
Pembahasan lebih lanjut masalah SPMB juga tersaji dalam blog ini. Download segala software yang baru maupun lama juga tersedia.

http://jemersonsinaga.blogspot.com

Bolehkan kan mas, saya numpang numpahin uneg2 saya. Saya juga berharap kita dapat tukeran Link. Maklum, bloger baru. Jadi semuanya begitu penting.
Terima kasih saya ucapkan.

Tamasya Band mengatakan...

salam kenal ya mas..

Jessica mengatakan...

alow...
calam kenal cemuanya...
main ke blogku y:
http://windowswriter1812.blogspot.com
hehehe maklum masih newbie...

Meme Kawaii mengatakan...

Terkadang saya bingung mau menuliskan apa di blog sehingga mencari artikel yang menarik untuk di posting ulang, dengan tetap mencantumkan sumbernya tentunya. Semoga tips-tips diatas bisa saya gunakan untuk memperkaya blog saya. Terima kasih infonya... :)